Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein

Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein - Hallo sahabat Berita Urban, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tekno, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein
link : Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein

Baca juga


Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein

Fosil Burung Dinosaurus berusia 130 juta tahun. (Foto: Live Science)

Washington - Berdasarkan studi terbaru, struktur pigmen mikroskopis berupa protein masih ditemukan pada sebuah fosil. Hewan crestaceous tersebut merupakan seekor burung purba yang diketahui mati pada 130 tahun lalu.

Hasil dari penelitian oleh ilmuwan mengonfirmasi adanya bukti struktural protein beta karoten yang menunjukkan bahwa molekul tersebut dapat selamat di dalam jasad burung selama beberapa ratus juta tahun.

Sebagaimana dilansir Live Science, Sabtu (26/11/2016), peneliti menggunakan teknik modern dalam mengidentifikasi fosil temuannya tersebut.

Jenis burung yang telah menjadi fosil bernama Eoconfuciusornis yang merupakan seukuran gagak dan hidup di utara China pada era crestaceous.

Pada awal penelitian, ilmuwan menemukan struktur pigmen yang disebut melanosomes. Struktur pigmen tersebut kemudian yang menjadi tanda keberadaan adanya beta karoten pada bagian bulu.

"Jika tubuh kecil tersebut merupakan melanosomes, seharusnya terdapat keratin matriks, karena bulu-bulu mengandung beta karoten," ungkap Mary Schweitzer, profesor dari Universitas North Carolina State.

Guna mengetahui lebih lanjut soal kandungan tersebut, Mary dan ilmuwan lainnya menggunakan alat pemindai dan transmisi mikroskopis elektron untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik.

Setelah melalui beberapa tahap penelitian dan pengujian, tim ilmuwan tersebut kemudian dapat menyimpulkan bahwa spesimen Eoconfuciusornis memiliki melanosomes berusia 130 juta tahun tanpa terkontaminasi selama fosilisasi.

"Studi ini adalah yang pertama untuk menunjukkan bukti keratin dan melanosom menggunakan struktural, kimia, dan metode molekuler," kata penulis studi Yanhong Pan, seorang peneliti di Nanjing Institute Geologi dan Paleontologi di Chinese Academy of Sciences.

"Metode ini memiliki potensi untuk membantu kita memahami pada tingkat molekuler bagaimana dan mengapa bulu berkembang di garis keturunan ini," pungkasnya.


Demikianlah Artikel Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein

Sekianlah artikel Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein dengan alamat link https://beritaurban.blogspot.com/2016/11/fosil-berusia-130-juta-tahun-ini-masih.html

0 Response to "Fosil Berusia 130 Juta Tahun Ini Masih Mengandung Protein"

Posting Komentar